Minggu, 04 November 2012

ibu tiri



Makan Daging Anak Sendiri

Awal mula disebuah desa Demak (bokap gw asli Demak, pas nikah sama nyokap gw baru dia tinggal di Semarang), hidup keluarga yang sederhana memiliki seorang anak yang namanya A, mereka hidup dalam kesederhanaan. Ayah si A kerjanya di kota Semarang (di kota ya, bukan didesa) dan ibu tiri A di rumah ngurus si A. Ibu tiri si A sangat jahat, sering kali si A dijahatin. Semua tetangganya juga pada gak suka kedatangan ibu tiri si A. Suatu hari (hari Selasa) si A bikin ulah dan membuat ibu tirinya marah sangat besar. Dengan sangat kesal si A dibunuh sama ibu tirinya.

Ayah si A mau pulang hari Rabu sore karena pekerjaannya udah selesai, dia kerja sebagai kuli bangunan. Biasanya seminggu sekali dia pulang tapi kali ini ayah si A telat pulang karena ngejar waktu, yang harusnya hari Selasa, tapi sekarang hari Rabu sore baru bisa sampai di rumah.

Waktu sampai rumah ayah si A nanya
Ayah : Si A kemana bu?
Ibu : Keluar main sama teman-temannya. Mari makan yah.
Ayah : Tolong dipanggil bu, kita ajak makan bareng. Ayah kangen mau bertemu.
Ibu : Nanti juga pulang yah. Ayah baru sampai, makan aja dulu.
Ya dah mereka makan. Makanan hari ini begitu mantap, menu daging rendang dan sop daging.

Udah larut malam, tapi si A belum pulang. Ditanya lagi sama ayah si A.
Ayah : Si A kemana bu, kok belum pulang?
Ibu : Di rumah temannya mungkin.
Ayah : Tapi udah malam bu.
Ibu : Ayah jarang di rumah, jadi gak tau sehari-harinya anak ayah.
Ayah : Selama ini dia seperti ini kalau saya kerja?
Ibu : Iya yah, saya capek ngurus dia gak bisa diatur, ya udah saya diemin, yang penting saya ngurus dan ngasih makan.
Ayah : Biarin nanti kalau pulang saya marahin.

Tapi batin ayah si A itu gelisah sepanjang malam itu, entah apa yang dia pikirkan. Saat terdiam terdengar rintihan anak kecil yang menangis, tapi anehnya ayah si A tidak mendengar suara itu. Malam berganti pagi dan si A belum pulang, tetangga bertanya kepada ayah si A.
Tetangga : Semalam A nangis ya mas?
Ayah : Enggak budeh, saya belum bertemu dengan si A!
Tetangga: Aku kira si A nangis mas. Saya ke pasar dulu.

Ayah si A nanya sama ibu tiri si A.
Ayah : Bu, si A kemana dari pagi ayah belum lihat?
Ibu : Sekolah yah, ayah tidur jadi gak pamit sama ayah.
Ayah : Ya sudah, kalau pulang kasih tau ayah ya bu.
Ibu : Iya yah.

Ketika menjelang siang, si A belum pulang juga. Mereka makan dengan menu yang sama seperti kemarin. Ayah si A nanya.
Ayah : Kita makan daging lagi bu?
Ibu : Iya yah, ini daging yang kemaren belum dimasak.
Ayah : Enak ya bu

Ayah si A tidak bertanya ini daging apa, Ternyata daging yang dimakan itu bukan daging kambing ataupun daging sapi, melainkan daging anaknya sendiri yang dibunuh sama ibu tirinya dan dijadikan makanan. Semua daging dijadikan berbagai menu hidangan dan dibagikan ke tetangga. Ada yang dijadikan sayur sop, daging rendang, kepala si A dimasukkan ke gilingan (tempat jemur padi yang terbuat dari bambu tipis yang bisa digulung) sawah yang ada dibelakang rumah.

Malamnya terdengar tangisan si A yang keluar dari kamar. Ayah si A ke kamar si A, tapi gak ada si A. Lagi, terdengar suara si A nangis merintih kesakitan. Ayah si A nyari gak ketemu ada dimana dan berasal dari mana. Tapi ketika dia masuk kamar tiba-tiba si A ada di kamar dan berkata sama ayahnya, "A sayang ayah", dan ayah si A penasaran si A pergi kemana.

Pagi hari terbit lagi, ayah si A nanya sama tetangga dan teman-teman mainnya, tapi semua bilang udah dua hari tetangganya gak liat dan bermain sama si A. Dengan rasa kesal ayah si A pulang ke rumah dengan wajah penuh amarah. Ayah si A nyari ibu tiri si A, ke dapur, kemana-mana. Ayah si A ke belakang rumah, dan banting-banting yang ada. Saat dia banting gilingan, kepala A terlempar keluar, disitulah ayah si A melihat sosok anak yang disayang.

Dia menangis histeris dengan penuh sedih dan kesal. Kemudian ayah si A nyari ibu tiri si A, dan dia sadar bahwa daging yang selama ini dia makan itu daging anaknya sendiri, dan yang semalam itu arwah si A. Dengan sangat menyesal dengan semua ini, ayah si A nyari ibu si A dan ketika bertemu dengan ibu tiri si A langsung ayah si A mukulin istrinya dengan penuh kesal dan sangat marah sekali. Karena gak terima anaknya dibunuh, ayah si A bunuh ibu tiri si A, dan ayah si A berfikir dia gak pantas hidup karena kepergian si A.

Ayah si A teman bokap tiri gw, dia kerja jadi kuli bangunan di Semarang, dan gw gak mau ibu tiri gw nyakitin bahkan bunuh gw, makanya gw sekarang tinggal sama orang tua angkat gw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar